Selamat
berpuasa bagi yang menjalankannya... tidak lama waktu dari postingan ke-2 ke
postingan ke-3 dalam hasteg #KIMV dan #teams2kelasb2017 ini. Simak pada
postingan ini dan cara-cara nya... lalu baca pada akhir tulisan ini ya
kawands... akan ada teka teki silang dengan hadiah yang lumayan untuk tambahan komunikasi...
Perpustakaan
mencoba branding.. pada postingan sebelum ini sudah dijelaskan mengenai branding
dengan metode etnografi di perpustakaan, namun penjelasan hanya sampai pada apa
itu branding dengan etnografi. Belum kepada praktik dan penjelasan di lapangan.
Berikut
mengenai branding perpustakaan dengan gaya etnografi jika Anda sebagai
pustakwan sejati bisa diterapkan... Berikut langkah-langkah untuk
mengerjakannya:
(1) Pertama:
Anda perlu melakukan survei dahulu. Dalam ilmu pendakian gunung, Anda perlu
orientasi medan dulu ya... Ormed ini sebagai hasil survei awalan untuk
menentukan siapa, apa, bagaimana, situasi seperti apa hingga pada detail-detail
informasi yang ada di perpustakaan. nah berhubung dengan etnografi membahsa
mengenai gerak gerik sosial orang-orang yanga da dalam perpustakaan, Anda perlu
mengetahui fokus utama pada tingkah laku dan kebiasaan yang speerti apa yang
sudah membudaya di perpustakaan, misalkan pada hari senin mahasiswa hanya ke
perpustakaan untuk ngadem saja, maka diperjelas perpustakaan sebagai tempat
hiburan dan rekreasi, lalu pada kondisi perpustakaan pas mau ujian, baik itu
UTS atau UAS dan sidang-sidang skripsi atau tugas akhir maka perpustakaan perlu
mengantisipasinya. Branding yang dilakukan bisa dengan pendekatan personal atau
pendekatan kelompok. Era informasi digital ini, biar perpustakaan mengena di
hati dan pikiran mereka (pengunjung musiman) maka perlu adanya promosi, event
dan memperkenalkan profil digital perpustakaan sehingga jika mereka tidak ke
perpustakaan mereka dapat ke perpustakaan digital, tercatat pada kunjungan
digital dan hasilnya perpustakaan ramai, walaupun di jumlah kunjungan digital
saja. Perumpamaan ini adalah hal bagus, tingkatkan dan kembangkan dengan
event-event selanjutnya yang memprioritaskan branding perpustakaan ya... tidak
hanya event saja melainkan tertuju pada kegiatan akhirnya untuk branding
perpustakaan.
(2) Kedua:
Setelah direncanakan, disurvei dengan berbagai metode... yang penting ini
dadalah eksekusinya... eksekusinya pada branding perpustakaan diingatkan dengan
sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas ini bukan pada tingkatan
pendidikan saja, namun pengalamannya dalam membranding suatu produk. Kalau fresh
graduate belum punya pengalaman yang sama aja... namun orang pengalaman yang
totalitas tanpa batas, bukan yang pengalaman diukur dari uang ya. Kan banyak
sekarang.... eksekusi dengan SDM yang berkualiast dan berpengalaman ditambah
dengan sarana dan prasarana yang ok punya. Contohnya Branding perpustakaan dengan
sosial media di etnografi, eksekusinya ya dengan massif dan terstruktur apa
yang diupload, konten isi dan kemasan informasinya.. sasarannya ya anak-anak
muda dan orang yang menggunakan sosial media.. fokus pada tagar dan fokus pada
isu kekinian yang dikorelasikan dengan perpustakaan ya... etelah eksekusi ya
bisa dilihat progresnya ya...
(3) Ketiga:
adalah evaluasi dan kegiatan selanjutnya... Branding tidak hanya berbicara pada
perencanaan dan eksekusi saja, namun evaluasi penting untuk melihat rencana
branding selanjutnya. Apalgi branding dengan gaya etnografi, maka perlu
dipersiapkan lagi pada rencana dan pematangan evaluasi ini. Evaluasi branding
pertama untuk melihat sukses tidaknya program hasil branding di perpustakaan
dan kedua untuk melihat sejauhmana efeknya bagi familiar perpustakaan dengan
eksistensi pada dunia digital ya, utamanya sih itu.
Sekian
mengenai cara ngebranding di perpustakaan ini. Semoga sukses dan dapat
dilaksanakan, terlebih lagi dengan branding gaya etnografi.
Kritik
dan Saran diterima, silahkan posting pada kolom komentar
hesteg
#KIMV dan #teams2kelasb2017.
Pengumuman
untuk pembaca setia di blog ini akan ada lomba mengenai tebak kata.. tebak teka
teki Mendatar dan horisontal yang berisikan materi informasi pada postingan ke
1, 2, 3 dan sampai 6 di hasteg #KIMV dan #teams2kelasb2017. Tunggu informasinya
pada postingan berikutnya ya kawands... Hadiah berguna untuk lebaran 2017
ini... langsung dikirim ketika sehari setelah pengumuman tanggal pemenang.
Salam
untuk selalu branding perpustakaan dengan berbagai gaya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentari ya.....