Manusia tidak dapat hidup sendiri, tetapi memerlukan bantuan orang lain. Selain itu mereka juga selalu ingin dianggap dan diperhitungkan oleh anggota kelompoknya. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan sebagai karakteristik dari pengertian komunikasi, yaitu:
• Komunikasi tidak mungkin dihindari;
• Komunikasi sebagai suatu proses;
• Komunikasi mempunyai tujuan dan dilakukan secara sengaja;
• Komunikasi memerlukan partisipasi;
• Komunikasi bersifat simbolis;
• Komunikasi bersifat transaksional;
• Komunikasi tidak dibatasi waktu dan ruang.
Unsur-unsur dalam komunikasi adalah adanya sumber, pesan, saluran atau media, penerima, dan gangguan. Sedangkan tujuan komunikasi dapat dilihat dari kepentingan sumber, kepentingan sosial, serta kepentingan individual. Fungsi komunikasi mencakup pengawasan, sosialisasi, propaganda atau korelasi, motivasi, pengungkapan emosional, dan informasi. Adapun bentuk komunikasi dapat berbentuk ke bawah, ke atas dan searah.
Dalam berkomunikasi akan menghadapi berbagai macam kendala yang disebabkan manusia itu sendiri, alat yang digunakan, pihak komunikan serta gangguan alam, misalnya adanya suara petir. Kendala yang lain dari komunikasi dapat berbentuk kendala bahasa, emosi dan penyaringan.
Peran Komunikasi dan Informasi dalam Aspek Budaya dan Sosial
Rangkuman
Pada saat anggota masyarakat berinteraksi, maka akan terjadi suatu komunikasi di antara mereka di mana pada saat itulah kebiasaan, norma dan nilai dari anggota masyarakat dibagikan dan disebarluaskan di kalangan mereka.
Budaya yang berbeda-beda antara kelompok yang satu dengan yang lain akan menyebabkan perbedaan persepsi terhadap suatu objek komunikasi. Selain itu kebudayaan juga mengajarkan tata cara komunikasi. Komunikasi berfungsi mentransmisikan nilai budaya dari suatu kelompok ke kelompok lain atau dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
Daftar Pustaka
• Lucas, Henry C. (1994). Information Systems Concept for Manajement. San Francisco. Mitchelll McGraw-Hill.
• Susanto, Astrid S.(1982). Komunikasi Kontemporer. Bandung: Bina Cipta.
• The Liang Gie (1992). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
• Toha, Muharto (2002). Perilaku Organisasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
• Widjaja, AW.(1988). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta: PT Bina Aksara.
• Curtis, Dan B. Dkk (1996). Komunikasai Bisnis dan Profesional. Bandung: PT. Rosda Jayaputra.
• Mitchell, Charles (2001). Memahami Budaya Bisnis Internasional. USA: World Trade Press.
• Robbins, Stephen (1996). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: PT Prenhallindo.
• Sendjaja, S. Djuarsa (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentari ya.....