Rangkuman
Akses informasi adalah pencapaian, peraihan atau perolehan akan informasi tanpa atau dengan melalui saluran atau media telekomunikasi. Informasi tersebut ada yang berbentuk sebagai informasi terekam dan ada juga informasi yang tidak terekam. Akses informasi dapat dilakukan secara online dan offline. Dalam tingkatan manajemen, cara akses informasi juga berbeda-beda sesuai dengan kewenangan dan penguasaan informasi bagi tiap tingkatan manajemen. Dan untuk mendapatkan akses informasi yang efisien dan efektif maka diperlukan sistem temu balik informasi.
Sistem temu kembali informasi merupakan sistem, baik manual maupun otomasi yang dapat melakukan pencarian atau penemuan kembali informasi sesuai dengan permintaan maupun kebutuhan pengguna, dengan informasi yang telah diseleksi sehingga informasi tersebut valid dan relevan bagi penggunanya. Dalam sistem temu kembali informasi otomasi, digunakan tesaurus untuk sistem pengindeksan pancalarasnya.
Manajemen Informasi dalam organisasi
Rangkuman
Dalam praktek organisasi, manajemen informasi juga dikenal sebagai sistem informasi, hal ini sesuai dengan pendapat Nurwono.
Pengertian manajemen informasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, antara lain dilihat dari: a) akar kata; b) paradigma informasi. Bila berdasarkan sudut pandang tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa: manajemen informasi adalah perencanaan, pengelolaan dan pengendalian informasi yang berpijak pada perkembangan ilmu manajemen dan teknik informasi, sehingga dalam prakteknya dapat mengelola, menghasilkan dan mengendalikan informasi yang bernilai bagi pihak-pihak yang berkepentingan di dalam dan diluar organisasi dalam konteks yang sudah ditentukan oleh organisasi yang bersangkutan.
Manajemen terkait erat dengan proses pengambilan keputusan yang dibuat oleh pimpinan, maka unsur-unsur Manajemen Informasi yang dikenal dengan julukan 5 M yaitu (1) men atau manusia, (2) money atau uang, (3) machines atau mesin, (4) material atau peralatan, dan (5) market atau pasar. Berdasarkan fungsinya, manajemen mencakup antara lain (1) planning atau perencanaan, (2) organizing atau pengorganisasian, (3) actuating atau penggerakan, dan (4) controlling atau pengawasan.
Karakteristik Sistem Informasi Manajemen adalah memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap peran alat pendukung utamanya yaitu komputer. Manajemen informasi merupakan suatu bidang yang menjembatani kebutuhan antara manajer yang membutuhkan data untuk keperluan pengambilan keputusan dengan para pekerja di bidang komputer yang berusaha memenuhi kebutuhan manajer organisasi.
Model Manajemen Informasi menurut Rohm dan Stewart dalam Nurwono (1994) berisi 15 tingkatan kemampuan manajemen informasi. Tingkatan-tingkatan ini digolongkan menjadi 4 golongan yang umum, yaitu: 1). Dasar-dasar Informasi, 2) Peralatan Informasi, 3) Spesialis Informasi, dan 4) Pembangkit Pengetahuan Informasi.
Daftar Pustaka
• Badudu, JS dan Zain, Sutan Mohamad. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
• Chowdhury, G.C. (1999). Introduction to Modern Information Retrieval. London: Library Association Publishing.
• Harter, Stephen P. (1986). Online Information Retrieval, Concept, Principles, and Technique. Orlando: Academic Press,Inc.
• Indrajit, R.E (2000). Pengantar Konsep Dasar: Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta:PT.Elex Media Komputindo
• Jogianto, Hartono. (2003). Sistem Teknologi Informasi-Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
• Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. (1998). Management Information System: New Approach to Organization & Technology. 5th Edition. New Jersey: Prentice Hall International.
• Mandala, Rila. Sistem Temu Balik Informasi dengan Menggunakan Model Probabilistik. Jurnal Informatika Volume 1. Nomor 2. Mei Tahun 2002. (Artikel).
• Nurwono, Yuniarto (1994). Manajemen Informasi: Pendekatan Global. Jakarta:PT.Elex Media Komputindo
• Pramanto, Agung. (2004). Liputan Utama: Apa Sih Katalog dan Sistem Pengindeksan Pasca Laras Itu? (http://www.geocities.com/red_ accesspoint/ arsipteori.htm).
• Soedradjat, S. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Pusat Penerbitan Univ. Terbuka.
• Sunindyo, Wikan Danar. Penggunaan Data Warehouse dalam Pengelolaan Data Perusahaan. Jurnal Informatika Volume 1. Nomor 2 Mei Tahun 2002. (Artikel) 7.
• (http://oasis.harvard.edu/
• (http://www.xanga.com/skin.asp?user=Irma2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentari ya.....