Sabtu, 15 Oktober 2011

Pengertian KOMUNIKASI VERBAL

* menurut berbagai sumber dan pendapat penulis

- Komunikasi nonverbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi nonverbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
kmpk.ugm.ac.id/data/SPMKK/3d-KOMUNIKASI(revJan'03).doc
- komunikasi non-verbal merupakan proses komunikasi yang tidak dilakukan melalui bahasa dan pengucapan kata-kata, tetapi melalui cara-cara lain seperti bahasa tubuh, mimik wajah, sensitivitas kulit, dan lain-lain. Walaupun masih memiliki kekurangan-kekurangan tertentu, komunikasi verbal, seperti bahasa, telah sanggup menyampaikan informasi kepada orang lain. Hanya saja, pesan-pesan yang sifatnya non-verbal tentunya juga tetap dibutuhkan untuk meperjelas informasi-informasi yang akan disampaikan oleh sender agar receiver dapat lebih memahaminya, dan tidak terjadi salah persepsi.
http://valmband.multiply.com/journal/item/35/Komunikasi_Non-Verbal
- Komunikasi nonverbal terjadi bila individu berkomunikasi tanpa menggunakan suara.
- Komunikasi nonverbal adalah setiap hal yang dilakukan oleh seseorang yang diberi makna oleh orang lain.
- Komunikasi nonverbal adalah suatu mengenai ekspresi, wajah, sentuhan, waktu, gerak, syarat, bau, erilaku mata dan lain-lain. (Malandro & Barker, 1983:6).
- Komunikasi nonverbal adalah proses yang dijalani oleh seorang individu atau lebih pada saat menyampaikan isyarat-isyarat nonverbal yang memiliki potensi untuk merangsang makna dalam pikiran individu atau individu-individu lain.
http://library.usu.ac.id/download/fisip/komunikasi-lusiana.pdf
- Menurut Larry A. Samovar dan Richard E. Potter, komunikasi non verbal mencakup semua rangsangan, kecuali rangsangan verbal, dalam suatu setting komunikasi, yang dihasilkan oleh individu, yang mempunyai nilai pesan potensial bagi pengirim atau penerima, jadi definisi ini mencakup perilaku yang disengaja maupun tidak disengaja sebagai bagian dari peristiwa komunikasi secara keseluruhan. Secara sederhana, pesan non verbal adalah semua isyarat yang bukan kata-kata.

- menurut pendapat penulis, komunikasi nonverbal adalah suatu interaksi yang tidak menggunakan kemampuan bahasa nyata sebagai medianya melainkan menggunakan perilaku dan gerak-gerik setiap bagian tubuh dalam berkomunikasi. Komunikasi nonverbal merupakan pelengkap dari komunikasi verbal dan itu bersifat wajib agar si penerima mendapatkan informasi yang tepat. Komunikasi ini juga kadang kala tidak diketahui oleh si penerima saat kita sedang berkomunikasi seperti dengan bau-bauan.

Terima Kasih telah membaca
Baca juga yang lain ya...,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentari ya.....