Monday, November 28, 2011

Pandangan Mengenai KORUPSI dan Pancasila Solusinya

a. Pendapat saya mengenai korupsi dapat merajalela di Indonesia yang padahal dasar negaranya Pancasila adalah karena orang Indonesia sejak zaman dahulu (zaman belanda) sudah mentradisi sifat korupsi ini dan turun-temurunlah, namun puncaknya ketika Soeharto memimpin negeri ini, Pancasila dijadikan dasar utamanya ketika memimpin namun malah melawan arah dari hakikat Pancasila tersebut dan sifat pemimpin yang otoriter seperti Soeharto berlawanan dari nilai Pancasila. Untuk lebih menguatkan pendapat saya, bisa dilihat lebih lanjut di lampiran.

b. Pendapat saya untuk memperdayakan dan memposisikan Pancasila dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia adalah dengan cara memberi praktek langsung setiap sila di kehidupan sehari-hari namun alangkah lebih baiknya dilakukan ketika masih seseorang kanak-kanak, dengan pembelajaran yang rutin dan dilengkapi dengan pemahaman di kehidupan sehari-hari membuat seseorang itu mengerti mengenai nilai-nilai Pancasila dan akhirnya orang tersebut mengerti mengenai korupsi yang bertentangan dengan Pancasila yang merupakan dasar negara kita, lalu sebagai pemimpin negara yang mempunyai kewenangan penuh seharusnya Pancasila dijadikan pedoman kembali dalam setiap kebijakan yang dibuatnya lebih utama terhadap korupsi, pejabat yang korup harus ditindak tegas sesuai dengan sila kelima dan seluruh pejabat harus diberi pendidikan mengenai Pancasila minimal setiap setahun sekali agar pejabat tersebut selalu mengerti mengenai nilai-nilai Pancasila.

c. Sebagai mahasiswa yang dapat saya lakukan dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia adalah dengan cara (sebagai individu) memahami kembali hakikat Pancasila dan mengenang kembali mengenai Pancasila itu seperti apa juga melaksanakan dan agar nantinya jika menjadi pejabat ingat mengenai Pancasila atau bisa disebut bermula dari diri sendiri, lalu sebagai suatu golongan mahasiswa yang akan saya lakukan adalah dengan mengkritik pejabat yang korup dengan cara menulis artikel di koran, majalah, atau di forum internet dan menekan pemerintah untuk bertindak tegas mengenai kejahatan korupsi di Indonesia juga mendukung KPK dalam memberantas korupsi, lebih utamanya memberi pengajaran kepada masyarakat mengenai korupsi di Indonesia.


Mari Baca Artikel Yang Lainnya juga...
@verylyuz

No comments:

Post a Comment

komentari ya.....