Rabu, 22 Februari 2012

Semester III dan IV

SEMESTER III

1.   Ilmu Dokumentasi  (DBK 2301- SMT III)  2 SKS
Membahas konsep-konsep dasar ilmu dokumentasi dan perkembangannya, kedudukan dan fungsi unit dokumetasi dalam organisasi, rangkaian dokumenter   ( tata cara pengadaan, penyimpanan, deskripsi, klasifikasi, indeks, katalog, temubalik informasi,  jaringan system informasi dan dokumentasi, dan pelayanan).

2. Manajemen Pemberkasan I (DBK 2307 – SMT III)  3 SKS
Membahas  fungsi dan tujuan pemberkasan, prosedur dan manual filing system (sistem     pemberkasan manual) berdasarkan abjad, angka, geografis, subjek, kronologi atau gabungan, pola klasifikasi dan kode arsip, indeks relatif, pengindeksan dan tunjuk silang serta penerapannya dalam berbagai sistem pemberkasan. 

3.  Bahasa Belanda I (DBK 2308 – SMT III)  2 SKS
Membahas dan memberikan ketrampilan dasar bahasa Belanda,  khususnya penguasaan gramatika bahasa Belanda.

4.   Manajemen Perkantoran  Modern (DBK 2309- SMT III) 2 SKS
Membahas  manajemen perkantoran, pekerjaan, sistem, organisasi, kontrol, efisiensi, tata ruang dan perlengkapan perkantoran, serta laporan manajerial.

5.   Jasa Rujukan (DBK 2302 – SMT III)  2 SKS
Membahas ilmu perpustakaan secara umum,  pengelolaan bahan-bahan pustaka khususnya pada bidang     layanan kepustakaan kerja yang siap pakai pada kantor-kantor atau badan-badan usaha, baik milik pemerintah maupun swasta.

6.   Sistem Kearsipan Perguruan Tinggi  (DBK 2304 – SMT III) 2 SKS
Membahas sistem kearsipan di Perguruan Tinggi, pemberkasan,  pengorganisasian, penataan dan  pengendalian arsip, serta sarana dan prasarananya.

7.   Rekam Medis dan Adm. Rumah Sakit  (DBK 2303 – SMT III) 2 SKS
Membahas organisasi dan administrasi rumah sakit (milik pemerintah dan swasta), pengetahuan dasar rekam medis, prinsip-prinsip pengelolaan rekam medis mulai dari pengelolaan informasi dan fisik arsipnya sampai dengan penyajiannya/temubalik, serta metode dan prosedur perlindungan asip baik fisik maupun informasinya.

8.   Program Arsip Vital   (DBK 2305 – SMT III)  2 SKS
Membahas jenis-jenis arsip vital dalam organisasi (pemerintah maupun swasta), mulai dari tahap analisis organisasi, identifikasi, pengelolaan dan penyimpanan, penentuan retensi arsip vital, metode perlindungan, sarana dan prasarana sampai sistem pengamanannya.

9.    Manaj. Arsip Bentuk Khusus (DBK 2306  - SMT III)  2 SKS
Membahas pengertian, fungsi arsip bentuk khusus  (kartografi, kearsitekturan, art  works, dan ephemara) bagi organisasi, serta tata cara pengelolaannya, sarana penemuan kembali, perawatan dan pemeliharaannya.

10.  Eksibisi (DBK 2311 – SMT III)  2 SKS
Membahas teknis dan cara menyelenggarakan pameran arsip, termasuk didalamnya bentuk-bentuk promosi pameran, setting ruang pamer, teknik display, prasarana dan bahan-bahan pameran, perlindungan dan pengamanan, serta cara-cara lain publikasi arsip untuk meningkatkan pengertian dan citra arsip di masyarakat.

11.   Kepemimpinan  (DBK  2310– SMT III)  2 SKS
Membahas konsep kepemimpinan (sifat, ciri, prilaku, dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan administrasi), serta membahas pendekatan kepemimpinan antara lain pendekatan terpadu dan kontingensi beserta model-modelnya.

 


 SEMESTER IV

 1.   Bahasa Belanda II  (DBK 2408 – SMT IV)  2 SKS
Melanjutkan pelajaran penguasaan bahasa Belanda secara pasif dan membahas beberapa literatur berbahasa Belanda mengenai kearsipan Indonesia.

2.   Penyusutan Arsip I (DBK 2409 – SMT IV)  2 SKS
Membahas dasar pertimbangan diperlukannya penyusutan  arsip bagi suatu organisasi,  hubungan fungsional arsip dengan administrasi, hubungan arsip dengan informasi, survai, pendekatan deskripsi, pembuatan daftar arsip, dan otorisasi penyusutan.

3.   Manajemen  Arsip Inaktif  I  (DBK 2404 -  SMT IV)  2 SKS
Membahas  pengorganisasian penyimpanan asip inaktif sesuai dengan tipe dan jenis oranisasi meliputi penataan, penyimpanan, pengaturan tata ruang dan penggunaan peralatan penyimpanan dalam Pusat Asip (Records Centre), dan membahas jenis-jenis Records Centre   (inside, Offside, dan commercial RC) .

4.   Desain Bangunan dan Kontrol Lingk. (DBK 2402 – SMT IV) 2 SKS
Membahas prinsip-prinsip ilmu bangunan secara umum, desain bangunan gedung arsip (interior dan eksterior), penataan ruang dan perlengkapannya, dan kontrol lingkungan ( lokasi, sirkulasi udara, pencahayaan, dan sistem pengamanan).

5.   Editing dan Penerbitan  (DBK 2401 – SMT IV)  2 SKS
Membahas pengetahuan teknis tentang karang-mengarang dalam dunia pers, konsep berita (layak berita, ragam berita, cara menulis), editing teks, dan  perencanaan sampai dengan penerbitan.

6.   Komputer  (DBK 2406 – SMT IV)   2 SKS
Membahas beberapa macam Hardware dan sistem operasi komputer (pengetahuan praktis). Kemudian dilanjutkan praktikum berbasis Windows : Microsoft Word,  Microsoft Excel (D-Base), dan pengenalan internet.

7.   Arsip  Audio Visual  (DBK 2410 – SMT IV) 3 SKS
Membahas  terminologi dan perkembangan arsip audio visual, penggolongan (Still visuals, moving-images, audio, audio-visual), bentuk media arsip audio visual, penyimpanan, pengolahan data, tata cara pemeliharaan, alih media dan perlindungan informasinya, dan penyajian pada pengguna.  

8.   Manajemen  Pemberkasan  II  (DBK 2407 – SMT IV)  3 SKS
Membahas tatacara penyusunan sarana temu balik seperti indeks relatif, indeks (bentuk kartu dan daftar) serta pengunaannya, prosedur pengendalian peminjaman berkas dan sarana yang digunakan, prosedur temu balik secara manual dan kemungkinan pengunaan komputer.

9.   Standar dan Etika Profesi (DBK 2403 – SMT IV) 2 SKS
Membahas  pengertian standar dan etika profesi, perkembangan sebuah profesi kearsipan (records Manager dan archivist), perluasan dan perkembangan profesi kearsipan di Indonesia, pemantapan dan pengakuan formal profesi kearsipan di Indonesia oleh negara, profesionalisme kearsipan di Indonesia dan permasalahannya. 

10.  Layanan dan Jasa Kearsipan (DBK 2405 – SMT VI) 2 SKS
Membahas kegunaan arsip pada bidang-bidang  keilmuan, pengelolaan ruang baca, ketentuan-ketentuan tentang akses dan pembatasan, penyajian arsip dan layanan bagi pengguna, layanan penggandaan dan microfilm, dan jasa (terjemahan, penelusuran arsip, dll)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komentari ya.....