Senin, 05 Juni 2017

GIMANA SIH CARANYA BRANDING DI PERPUSTAKAAN???

Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya... tidak lama waktu dari postingan ke-2 ke postingan ke-3 dalam hasteg #KIMV dan #teams2kelasb2017 ini. Simak pada postingan ini dan cara-cara nya... lalu baca pada akhir tulisan ini ya kawands... akan ada teka teki silang dengan hadiah yang lumayan untuk tambahan komunikasi...

Perpustakaan mencoba branding.. pada postingan sebelum ini sudah dijelaskan mengenai branding dengan metode etnografi di perpustakaan, namun penjelasan hanya sampai pada apa itu branding dengan etnografi. Belum kepada praktik dan penjelasan di lapangan. 

Berikut mengenai branding perpustakaan dengan gaya etnografi jika Anda sebagai pustakwan sejati bisa diterapkan... Berikut langkah-langkah untuk mengerjakannya:

(1)   Pertama: Anda perlu melakukan survei dahulu. Dalam ilmu pendakian gunung, Anda perlu orientasi medan dulu ya... Ormed ini sebagai hasil survei awalan untuk menentukan siapa, apa, bagaimana, situasi seperti apa hingga pada detail-detail informasi yang ada di perpustakaan. nah berhubung dengan etnografi membahsa mengenai gerak gerik sosial orang-orang yanga da dalam perpustakaan, Anda perlu mengetahui fokus utama pada tingkah laku dan kebiasaan yang speerti apa yang sudah membudaya di perpustakaan, misalkan pada hari senin mahasiswa hanya ke perpustakaan untuk ngadem saja, maka diperjelas perpustakaan sebagai tempat hiburan dan rekreasi, lalu pada kondisi perpustakaan pas mau ujian, baik itu UTS atau UAS dan sidang-sidang skripsi atau tugas akhir maka perpustakaan perlu mengantisipasinya. Branding yang dilakukan bisa dengan pendekatan personal atau pendekatan kelompok. Era informasi digital ini, biar perpustakaan mengena di hati dan pikiran mereka (pengunjung musiman) maka perlu adanya promosi, event dan memperkenalkan profil digital perpustakaan sehingga jika mereka tidak ke perpustakaan mereka dapat ke perpustakaan digital, tercatat pada kunjungan digital dan hasilnya perpustakaan ramai, walaupun di jumlah kunjungan digital saja. Perumpamaan ini adalah hal bagus, tingkatkan dan kembangkan dengan event-event selanjutnya yang memprioritaskan branding perpustakaan ya... tidak hanya event saja melainkan tertuju pada kegiatan akhirnya untuk branding perpustakaan.

(2)   Kedua: Setelah direncanakan, disurvei dengan berbagai metode... yang penting ini dadalah eksekusinya... eksekusinya pada branding perpustakaan diingatkan dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas ini bukan pada tingkatan pendidikan saja, namun pengalamannya dalam membranding suatu produk. Kalau fresh graduate belum punya pengalaman yang sama aja... namun orang pengalaman yang totalitas tanpa batas, bukan yang pengalaman diukur dari uang ya. Kan banyak sekarang.... eksekusi dengan SDM yang berkualiast dan berpengalaman ditambah dengan sarana dan prasarana yang ok punya. Contohnya Branding perpustakaan dengan sosial media di etnografi, eksekusinya ya dengan massif dan terstruktur apa yang diupload, konten isi dan kemasan informasinya.. sasarannya ya anak-anak muda dan orang yang menggunakan sosial media.. fokus pada tagar dan fokus pada isu kekinian yang dikorelasikan dengan perpustakaan ya... etelah eksekusi ya bisa dilihat progresnya ya...

(3)   Ketiga: adalah evaluasi dan kegiatan selanjutnya... Branding tidak hanya berbicara pada perencanaan dan eksekusi saja, namun evaluasi penting untuk melihat rencana branding selanjutnya. Apalgi branding dengan gaya etnografi, maka perlu dipersiapkan lagi pada rencana dan pematangan evaluasi ini. Evaluasi branding pertama untuk melihat sukses tidaknya program hasil branding di perpustakaan dan kedua untuk melihat sejauhmana efeknya bagi familiar perpustakaan dengan eksistensi pada dunia digital ya, utamanya sih itu.

Sekian mengenai cara ngebranding di perpustakaan ini. Semoga sukses dan dapat dilaksanakan, terlebih lagi dengan branding gaya etnografi.
Kritik dan Saran diterima, silahkan posting pada kolom komentar
hesteg #KIMV dan #teams2kelasb2017.


Pengumuman untuk pembaca setia di blog ini akan ada lomba mengenai tebak kata.. tebak teka teki Mendatar dan horisontal yang berisikan materi informasi pada postingan ke 1, 2, 3 dan sampai 6 di hasteg #KIMV dan #teams2kelasb2017. Tunggu informasinya pada postingan berikutnya ya kawands... Hadiah berguna untuk lebaran 2017 ini... langsung dikirim ketika sehari setelah pengumuman tanggal pemenang.

Salam untuk selalu branding perpustakaan dengan berbagai gaya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentari ya.....