Minggu, 18 Maret 2012

TERBENTUKNYA MASYARAKAT INFORMASI

Masyarakat Informasi 
Rangkuman
Di era modern sekarang ini pengetahuan dan teknologi merupakan aset institusi yang sangat penting. Suatu institusi yang kering pengetahuan atau informasi, tidak akan bertahan lama. Perubahan informasi yang begitu cepat dan dengan adanya prasarana teknologi yang memadai menjadikan informasi sebagai komponen yang penting dalam mengelola suatu organisasi atau institusi. Karyawan yang kaya pengetahuan akan memiliki daya respon yang bagus terhadap setiap informasi yang diterimanya. Dan institusi atau lembaga organisasi saat ini terus-menerus membekali setiap karyawannya dengan pengetahuan, dan menjadikan setiap karyawan adalah aset perusahaan yang sangat berharga. Begitu juga jika informasi sudah terorganisir dalam database tertentu maka informasi tersebut agar dapat terus di manfaatkan harus terjadwal secara teratur untuk diperbaharui. Dengan pengelolaan pengetahuan yang baik maka informasi akan menjadi bahan utama dalam pengambilan keputusan di suatu perusahaan atau lembaga institusi.
Knowledge Management 
Rangkuman

Pengetahuan adalah hasil dari rangkaian bagaimana data mentah diproses menjadi informasi yang berguna. Sedangkan Sistem Informasi bertugas mengumpulkan data mentah dengan terus-menerus menganalisa fakta yang terjadi. Melalui sistem informasi ini data dikombinasikan, disaring/difilter, diorganisasikan, dan dianalisa untuk menghasilkan informasi yang tepat dan akurat yang dapat digunakan untuk melakukan langkah-langkah untuk mencapai perubahan di suatu organisasi/ perusahaan. Selanjutnya informasi ini disaring, disalurkan untuk menghasilkan knowledge/pengetahuan.
Teknologi informasi merupakan prasarana untuk menyalurkan informasi ke semua lini yang dipengaruhi oleh informasi, sehingga terjadinya pertukaran informasi/pengetahuan dari kelompok-kelompok yang memerlukan informasi, meng-update-nya, dan pengetahuan tersebut terus berkembang inilah yang disebut dengan Knowledge Management. Jadi Knowledge Management merupakan intervensi bersama-sama dari sumber daya manusia, proses dan teknologi untuk mendukung proses pembuatan (creation), pembauran (assimilation), penyebaran (dissemination) dan pemanfaatan bersama pengetahuan di dalam lingkungan organisasi/perusahaan.
Daftar Pustaka
  • Bovee, Courtland L. Komunikasi Bisnis I & II. Jakarta: Prenhallindo, 2002.
  • Indrajit, Ricahardus Eko. Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2000
  • Koeswara (editor). Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung: Rosdakarya ,1998.
  • Mc. Farlan. Ledakan Informasi dan Manajemen. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1987.
  • Oetama, Budi Sutedjo Dharma. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.
  • Stapleton, James J. Executive's Guide to Knowledge Managemnt. Jakarta: Penerbit Eralngga , 2003.
  • Srikantaiah, T.Kanti. Knowledge Management For The Information Professional. America: Thomas H. Hogan, Sr, 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentari ya.....